Jumat, 16 September 2011

cara bermain sudoku

Cara Bermain SuDoKu

Dari salah satu sumber yang saya baca, permainan SuDoKu ini lahir di Jepang. Orang2 Nippon kabarnya kurang menyukai pemainan Teka Teki Silang Kata yang kerap dimainkan orang2 Indonesia. Sebagai gantinya mereka menciptakan permainan Teka Teki SIlang Angka yang bernama SuDoKu ini.
Sepintas memang SuDoKu ini nyaris sama dengan TTS yang biasa kita mainkan, yaitu mengisikan sel-sel kosong. Buat pembaca yang belum pernah memainkan SuDoKu, mudah2an panduan SuDoKu ini bisa bermanfaat.
Aturan Permainan
Diagram SuDoKu
Jika kita lihat diagram diatas, lembar permainan SuDoKu terdiri dari :
- Sembilan kolom : A,B,C,D,E,F,G,H dan I
- Sembilan baris : 1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9
- Sembilan kotak kecil : i, ii, iii, iv, v, vi, vii, viii dan ix
Oke, sampai situ Anda pasti sudah paham ya..?!
Kita masuk ke contoh permainan-nya
Contoh Bentuk Soal SuDoKuLembar permainan SuDoKu diatas menunjukan deretan angka2 mulai dari 1 s/d 9. Tugas Anda adalah mengisikan angka2 dari 1 s/d 9 pada setiap baris, setiap kolom maupun setiap kotak kecil.
Patut diingat bahwa setiap angka hanya muncul 1 (satu) kali saja pada setiap baris, setiap kolom maupun setiap kotak kecil. Dan hanya ada 1 (satu) jawaban saja untuk setiap lembar permainan SuDoKu.
Jawaban dari lembar permainan diatas adalah sebagai berikut :
Jawaban SuDoKu
Sekarang Anda bisa perhatikan, bahwa tidak ada duplikasi angka pada setiap baris, setiap kolom maupun setiap kotak kecil.
Tehnik Bermain SuDoKu
Kalo udah jadi sih gampang aja. Seperti juga banyolan waktu kita kecil pas ujian. Soalnya sih gampang, jawabannya yang susah.
Tenang, tenang….saya sekalian juga bakal ajarin cara ngisinya untuk beberapa sel. Sisanya silakan Anda teruskan sendiri.
Kuncinya adalah jika kita mau mengisikan suatu angka, maka kita harus jeli melihat angka yang sama di kolom/baris/kotak kecil sebelahnya.
Tips lain, lihat dulu angka apa yang paling banyak muncul di lembaran SuDoKu. Angka itulah yang akan kita “bidik” pertama kali untuk diisi.
Contoh 1
Kalo kita perhatikan, angka 4 muncul di 6 kotak kecil. Sekarang akan kita isikan angka 4 di kotak kecil berwarna hijau
Tanda panah merah menunjukan bahwa angka 4 tidak akan muncul di baris ke 9 maupun di kolom C. Maka angka 4 bisa kita masukan pada sel A8

Contoh 2
Kemudian kita lanjut pada kotak kecil berikutnya :

Tanda panah merah menunjukan bahwa angka 4 tidak akan muncul di baris ke 9 maupun di kolom G dan I. Maka angka 4 bisa kita masukan pada sel H7.

Dengan cara yang sama juga kita isikan angka 4 pada sel B5.
Sipp!! Sekarang udah mengerti kan cara permainannya.
Selamat Mencoba

1 komentar:

Iam Eloktavian mengatakan...

Mas bisa lebih detail kasih tau caranya tidak?
Pusing nh..


Dito
http://dt-indo.blogspot.com/

Poskan Komentar